You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Pekon Pura Mekar

Kec. Gedung Surian, Kab. LAMPUNG BARAT, Prov. Lampung
Info

PEKON PURAMEKAR PERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2024


PURAMEKAR. Rabu, 21 Februari 2024. Pekon Puramekar memperingati kegiatan rutin setiap tahunnya yaitu hari peduli sampah nasional. Asal mula hari peduli sampah nasional (HPSN) ini diperingati setiap tanggal 21 Februari adalah bermula dari Kementrian Negara Lingkungan Hidup untuk mengenang peristiwa Leuwigajah Cimahi Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 lalu, dimana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Hari peduli sampah ini diperingati dalam rangka untuk mewujudkan serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah yang dihasilkan setiap tahunnya.

Tema yang diusung dalam peringatan kali ini yaitu “ATASI SAMPAH PLASTIK DENGAN CARA PRODUKITF” sampah-sampah plastik yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ini dapat dikelola dengan cara produktif salah satunya seperti di Pekon Puramekar yaitu diadakannya bank sampah. Sampah plastik tersebut kemudian disetorkan ke bank sampah untuk dikelola oleh para petugas bank sampah itu sendiri.

Bank sampah merupakan wadah terdekat dilingkup tempat tinggal masyarakat untuk mengumpulkan sampah yang masih bisa dimanfaatkan. Disebut bank sampah karena sistemnya menyerupai bank yakni memiliki transaksi. Dengan adanya bank sampah dapat menciptakan system pengelolaan sampah yang efektif, efesien, berkelanjutan, membuat lingkungan menjadi lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, serta membuat sampah menjadi barang ekonomis dan menghasilkan manfaat ekonomi bagi masayarakat. Di Pekon Puramekar sendiri sudah hampir semua Pemangku menjalankan kegiatan bank sampah tersebut

@IPS.

 

 

Bagikan artikel ini: