You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Pekon Pura Mekar

Kec. Gedung Surian, Kab. LAMPUNG BARAT, Prov. Lampung
Info

PEKON PURAMEKAR MENJALANI PEMERIKSAAN INSPEKTORAT RUTIN


PURAMEKAR. Rabu, 24 Januari 2024. Inspektorat Kabupaten Lampung Barat melakukan Pemeriksaan dan Pengawasan terhadap Pemerintahan Desa yang berada di Kecamatan Gedung Surian. Pembukaan dan penyampaian mekanisme di adakan di aula Pekon Trimulyo, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan ke masing-masing Pekon.

Tugas utama Inspektorat adalah melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah, baik dari segi kebijakan anggaran, maupun kinerja pemerintah daerah. Selain memeriksa pengelolaan keuangan Pemerintah Desa, Inspektorat juga mengecek kelengkapan administrasi desa, seperti peraturan desa, surat-surat keputusan, daftar aset desa, buku kinerja perangkat desa, dan lain-lain.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat bersifat pembinaan, sehingga apabila ditemukan kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan desa maka pemerintah desa diminta untuk segera menindaklanjuti. Sebagaimana diketahui bahwa Inspektorat selalu melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi di pekon-pekon setiap tahunnya. Pemeriksaan ini bukan semata-mata untuk mencari kesalahan, melainkan bentuk pembinaan sebagai acuan agar pemerintahan Pekon kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

@IPS.

 

 

 

 

Bagikan artikel ini: