You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Pekon Pura Mekar

Kec. Gedung Surian, Kab. LAMPUNG BARAT, Prov. Lampung
Info

SOSIALISASI TANGGUH BENCANA


SOSIALISASI TANGGUH BENCANA

PURAMEKAR. Rabu, 02 Agustus 2023. Pekon Puramekar menghadiri Sosialisasi Tangguh Bencana (Sosialisasi Pencegahan Dini Bahaya Kebakaran) yang diadakan di Kecamatan Gedung Surian dengan nara sumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polisi Pamong Praja-Pemadam Kebakaran, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP). Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat terhadap tanggap bencana, penegtahuan dan pemahaman terutama dalam bencana kebakaran.

Ibu Tati Sulastri selaku Camat Kecamatan Gedung Surian menyampaikan bahwa diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut dapat meningkatkan pemahaman masyarakat “mudah-mudahan dengan diadakannya sosialisasi ini kita lebih paham dan mengerti langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam menanggapi bencana kebakaran”.

Hal-hal yang perlu diperhatikan atau diwaspadai dalam pencegahan dini bencana kebakaran:

  1. Pembukaan Lahan
  2. Instalasi/arus listrik
  3. Kompor
  4. Lansia (perlu pengawasan karena daya ingat yang bersangkutan)
  5. Balita (karena rasa ingin tahu anak-anak yang cenderung tinggi)

Dalam mendukung Kabupaten Lampung Barat menjadi Kabupaten tangguh bencana, diharapkan pada tahun berikutnya masing-masing Pekon mengusulkan dan menganggarkan pengadaan alat pemadam api ringan (APAR). Pihak Damkar juga memberikan sosialisasi dan simulasi singkat terkait penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) tersebut.

@IPS

Bagikan artikel ini: